Photo Story GEF SGP Indonesia

Photo-story ini merupakan serpihan upaya GEF SGP Indonesia selama dua dekade terakhir untuk mendukung komunitas memperbaiki dan menjaga potensi sumber daya alam serta membangun ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Foto-foto yang beralur, bertutur kerja keseharian komunitas berinteraksi dengan alamnya. Potensi alam terjaga melalui kegiatan-kegiatan unik yang tercipta dari pemikiran sederhana komunitas.

Dukungan GEF SGP Indonesia sejak tahun 1992 pun sederhana, dana hibah kecil dengan waktu yang relatif singkat, hanya dua tahun dan dukungan pendanaan paling besar hanya mencapai USD 50,000. Tidak dapat kami katakan bahwa semua kesuksesan komunitas itu akibat dukungan kami, GEF SGP Indonesia. Kami hanya mencoba menambahkan ‘nilai’ kepada beberapa kegiatan yang sudah berjalan, agar kegiatan yang sudah baik menjadi jauh lebih baik lagi (good to great). Atau terkadang kami duduk bersama dengan komunitas menyusun dan mengembangkan mimpi bersama. Semua kesuksesan yang terjadi adalah usaha komunitas yang dapat dilihat dari tuturan foto-foto berikut ini.

Foto-foto dalam buku ini dikumpulkan dari komunitas, LSM pendamping, fotografer profesional, serta para jejaring pendukung kerja GEF SGP Indonesia. Semuanya disusun menjadi mosaik yang menggambarkan kontribusi individu dan komunitas bagi masa depan komunitas, masa depan bangsa. Upaya yang layak didukung dan diapresiasi.

Cerita yang disusun dalam bentuk foto ini terdiri dari lima bagian yaitu Alam, Manusia dan Peradaban; Merawat, Memulihkan dan Memanggil Ingatan Sosial ; Merawat Sumber- Sumber Pangan; Melanjutkan Praktek Terbaik; dan Belajar, Bekerja dan Merayakan Perjuangan.

Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang sudah mendukung lahirnya buku ini. Selamat menikmati dan mari kita belajar bersama dari kesederhanaan inisiatif lokal komunitas yang berdampak luar biasa bagi dunia.

Catharina Dwihastarini
Koordinator Nasional

Buku ini bisa diunduh pada Photostory GEF SGP Indonesia – Mewarnai Indonesia 2014

dan yang versi inggrisnya Painting Indonesia: Stories of People Loving Nature and Developing Welfare (1534)