Request for proposal (RFP) untuk membuat buku pembelajaraan mitra-mitra GEF SGP Indonesia yang dituliskan oleh kelompok muda Indonesia dengan tema: Keberagaman, Kebanggaan, dan Kebangsaan

GEF SGP Indonesia mengundang  Kelompok atau lembaga penulis atau media yang memiliki pengalaman dalam melakukan pendampingan penulisan dan sudah menghasilkan beberapa tulisan yang sudah diterbitkan di berbagai media massa. Proposal tersebut dengan jelas akan menyajikan pengalaman pemohon dan organisasi mitranya dalam masalah yang akan ditangani.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 300 mitra GEF SGP Indonesia tersebar di seluruh Indonesia yang dapat dijadikan contoh konkrit keberhasilan kerja komunitas akar rumput yang mampu mengelola lingkungannya dengan menciptakan berbagai mata pencaharian dalam upaya pengentasan kemiskinan. Komunitas-komunitas ini berjuang menghadapi tantangan lingkungannya dengan ide-ide kreatif dalam bidang kewirausahaan. Mereka menciptakan banyak produk sebagai hasil dari perjuangan mereka menjaga, memperbaiki, dan memelihara lingkungan. Seperti teh jeruju, batik-batik pewarna alam, kopi, craft dari sampah-sampah plastik, dan beberapa produk lainnya yang ramah lingkungan. Mereka menciptakan sebuah usaha komunitas mandiri (Community Enterprise)1.

Keberagaman kerja komunitas mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia yang tersebar di 34 propinsi. Keberagaman dari 17.504 pulau (BPS – 2013, 2013) yang berada dalam kawasan Indonesia yang harus terus diceritakan dan menjadi kebanggaan anak bangsa, terutama generasi muda Indonesia.

Mengacu kepada hal-hal tersebut di atas maka GEF SGP Indonesia bermaksud mengadakan pelatihan penulisan yang ditujukan kepada generasi muda dengan mengangkat tema: Keberagaman, Kebanggaan, dan Kebangsaan. Bentuk tulisan adalah berbentuk feature dengan mengedepankan cerita mengenai mitra-mitra GEF SGP Indonesia terpilih dan aktivitasnya. Sangat diharapkan, diakhir pelatihan menulis akan dihasilkan minimal sepuluh agen perubahan yang mampu menyebarkan cerita-cerita mengenai keberagaman Indonesia dan sebuah buku rangkuman tulisan-tulisan anak-anak muda mengenai kerja Mitra-mitra GEF SGP Indonesia.

Informasi lebih lengkapnya ada dokumen terlampir dibawah.

Proposal lengkap paling lambat diterima oleh Koordinator Nasional GEF SGP Indonesia paling lambat tanggal 4 Desember 2017, dengan judul RFP Penulisan Buku Mitra GEF SGP Indonesia.
email: info@sgp-indonesia.org

RFP_Book of GEF SGP Indonesia