Pokdarwis Dewi Mangrovesari Dibekali Pelatihan Digital Marketing


Peserta pelatihan berfoto bersama dengan narasumber sebelum kegiatan dilaksanakan di areal Obyek Wisata Dewi Mangrovesari.
BREBES – Sekitar 50 orang pengurus dan anggota Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Mangrove Pandansari (Pokdarwis Dewi Mangrovesari)  menerima pembekalan digital marketing yang dilaksanakan oleh Unika Atmajaya Jakarta yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

“Pembekalan digital marketing sebagai upaya membantu Pokdarwis Dewi Mangrovesari dalam rangka lebih mengoptimalkan pemasaran obyek wisata melalui media digital atau internet,” papar Penanggung Jawab Kegiatan Pengembangan Desa Wisata, Titis Puspitarini di aula Pokdarwis Dewi Mangrovsari, Desa Kawlilingi, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Sabtu (29/6).

Dia menambahkan,  kegiatan pengembangan desa wisata berbasis pendampinngan melalui perguruan tinggi ini, dalam rangka pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat Brebes.

“Banyak pengetahuan dari sini yang dapat ditularkan kepada mahasiswa di kampus. Kami sudah kali kelimanya datang ke Dewi Mangrovesari,” paparnya.

Titis menambahkan,  tujuan Unika Atmajaya Jakarta ke Dewi Mangrovesari yakni dalam rangka kerjasama antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa dan Perguruan Tinggi. Tujua utamanya, yakni meningkatkan SDM di kelompok pegiat pariwisata.

“Kami masukkan Pokdarwis Dewi  Mangrovesari untuk melakukan pendampingan. Pokdarwis ini masuk dalam kategori berkembang untuk maju,” jelasnya.

Koordinator Wilayah Desa Wisata Karesidenan Pekalongan, Masrukhi Harun berharap, Kementerian Pariwisata dan Unika Atmajaya memberikan pelatihan berupa pemasaran juga. Bentuknya, bisa berupa  marketing bersama antara pihak terkait dengan pelaku kuliner di obyek wisata.
“Selain pemasaran, butuh juga home stay. Terkait dengan standar harga. Sehingga tuan rumah tahu untuk menentukan harga bagi wisatawan yang menginap,” jelas Masrukhi yang akrab disapa Auky.

Auky menambahkan, Unika Atmajaya diharapkan pula bisa membawa lebih banyak lagi anak-anak sekolah, bisa datang ke Dewi Mangrovesari khususnya dan obyek wisata lainnya di Kabupaten Brebes. Sehingga, wisata Brebes bisa dijadikan salah satu tempat tujuan wisatawan.

Dalam kesempatan itu, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes, Iskandar Agung,   menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Unika Atmajaya datang ke Dewi Mangrovesari.

“Kami berharap, pendampingan tidak hanya di Dewi Mangrovesari saja, karena di Brebes ada 42 destinasi wisata. Kami senang, masyarakat di lokasi wisata bisa menikmati keberadaan wisata tersebut,” katanya.

Iskandar menandaskan, keberhasilan sektor pariwisata yakni kekompakan masyarakat yang berada di obyek wisata yang bersangkutan.

“Semoga banyak manfaat dalam acara pendampingan bagi peserta. Insya Allah, ilmu-ilmu yang diberikan dalam kegiatan ini bisa diserap dengan baik oleh anggota Pokdarwis Dewi Mangrovesari,” pungkas Iskandar.

Penulis : ero
Editor   : edt

https://wawasan.co/news/detail/9680/pokdarwis-dewi-mangrovesari-dibekali-pelatihan-digital-marketing