Wire G Perkuat Ekonomi Perempuan Desa Melalui Pengelolaan Hasil Pertanian

Dulohupa.id – Guna memperkuat ekonomi di Gorontalo, Wire-G gandeng UPTD BLK Provinsi Gorontalo melaksanakan pelatihan pengolohan minyak kelapa kampong kepada sejumlah perempuan di Desa Juriya, Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo. Rabu (4/3/2020)

Kepala UPTD BLK, Edwing Hulopi, SE mengatakan, sangat mendukung program WIRE G melalui GEF SGP. Pelatihan pengolahan minyak kelapa kampung ini adalah salah satu bentuk penguatan ekonomi perempuan yang harus terus di dorong untuk memperkuat ketahanan ekonomi keluarga. Karena menurutnya, Minyak kelapa kampong merupakan produk yang saat ini laku di pasaran. Maka perlu dikembangkan untuk mendongkrak ekonomi Gorontalo.

“ Output dari pelatihan ini adalah produk yang dicari oleh pasar, tidak hanya di Gorontalo tapi hingga ke provinsi lain. Selain itu juga hasil ini diharapakan akan menjadi salah satu unit usaha yang akan dikembangkan oleh bumdes”, Kata Edwin

Pesrta dalam pelatihan ini merupakan perempuan yang ada di Desa Juriya, berjumlah 15 orang. Mereka akan menerima pelatihan dari Instruktur berpengalaman dan tersertifikasi, Joko Susilo.

Kepala Desa Juriya, Rispandi Iti mengaku sangat beruntung karena wanita di desanya dapat pelatihan untuk membuat minyak kelapa kampong. Pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyrakat yang ada di Desa Juriya.

“ Saya sangat berterima kasih atas support yang dilakukan WIRE G yang selama ini sudah bersama masyarakat, tidak hanya peningkatkan kapasitas perempuan namun juga telah melakukan penguatan kelembagaan lokal lainnya untuk mendorong kebijakan yang responsif gender dan lingkungan berkelanjutan melalui GEF SGP. Melalui kegiatan ini, sudah memberikan jalan kepada kami masyrakat Desa Juriya untuk bertemu langsung dengan pihak BLK Provinsi Gorontalo.” Ujar Rispandi (Kibong)

Wire G Perkuat Ekonomi Perempuan Desa Melalui Pengelolaan Hasil Pertanian