tpst-di-nyuh-kukuh-nusa-penida

TPST di Nyuh Kukuh Nusa Penida

TPST di Nyuh Kukuh Nusa Penida sudah aktif beroperasi penuh melayani pengelolaan sampah seluruh masyarakat banjar Nyuh Kukuh termasuk villa, restoran Dan sekolah. Semoga terus berjalan. Mohon bimbingan dari DLHK Klungkung, terima kasih kepada pak Bupati Klungkung juga sudah memberikan apresiasi. Semangat ini hanya sebenarnya karena IRI kalau di desa lain bisa mengelola sampah rumah tangga kami di Nyuh Kukuh juga bisa mestinya.

TPST Nyuh Kedas di Nyuh Kukuh ini baru memiliki 1 armada motor cikar, nasabah 100, 2 tenaga kerja. Lahan TPST ini sekitar 2 are. Cukup untuk menampung sampah organik (tidak semua dibawa karena masyarakat banyak punya babi dan teba) menampung sampah anorganik 3 bulan sekali dikirim ke pengepul. Lahan ini milik pribadi keluarga Pak Wayan Karta mendedikasikan untuk lingkungan karena cari lahan adat susah ijin. Yang penting sampah sudah tak lagi dibakar dan mulai bisa kembali ke pabrik untuk didaur ulang. Semoga masyarakat semakin bijak mengelola sampah.

Terima kasih Tak terhingga kepada GEF Sgp Indonesia, @yayasanwisnu, Yayasan Tridatu @terasmitra, @thedoeds @meisapto @herybudiarto, @sugiarta, @denikpuriati Bendesa Nyuh Kukuh, Perbekel Ped, Relawan Sampah Nyuh Kukuh dan semua Tim PPLH Bali.@anom_gart @kadekkiu @iadwitasari, Nova, dkk.yang telah support ini semua akhirnya terwujud.