LAPORAN EVALUASI

PELAKSANAAN PROGRAM GEF SGP INDONESIA FASE-6

“Laporan ini didedikasikan untuk orang-orang hebat, perempuan dan laki-laki, tua dan muda, yang telah menjadi bagian dari perjalanan, di jalan mulus, berlubang maupun becek selama 4 tahun (2017-2021) dalam program GEF SGP fase 6.”

Terima kasih tak terhingga untuk semua pihak yang tak pernah lelah bekerjasama selama 4 tahun ini: Sekretariat GEF SGP Indonesia (Dudu, Meinar, Hery), para lembaga host dan lembaga mitra di Pulau Semau, Wakatobi, Gorontalo dan Nusa Penida. Tak lupa doa-doa dihaturkan untuk mengenang saudara kami Candra Kusuma yang telah mendahului kami. Kontribusi almarhum dalam perjalanan program GEF SGP fase 6 tidak terhitung.

Warisan paling membanggakan dari program ini adalah proses belajar tanpa akhir antar mahluk hidup dan lingkungannya. Di penghujung program, ada banyak mimpi yang menjadi kenyataan, meskipun masih banyak juga yang baru berani menaruh harapan. Selama harapan disandingkan dengan kerja keras dan pantang menyerah, maka yakinlah harapan akan segera terwujud.

Meskipun ada kekecewaan di sana sini dalam perjalanan ini, namun pembelajaran tentang mengelola program, berkoordinasi, mengorganisasi masyarakat, melakukan improvisasi, menghormati komitmen dan menghormati alam menjadi bagian paling berharga dan akan bisa digunakan untuk kerja-kerja di masa depan. Ada begitu banyak hal yang menjadikan kita semua seperti satu keluarga besar, yang terus saling menyapa dan berkabar. Mudah-mudahan silaturahmi tidak berakhir setelah ini. Karena bagi keluarga, kabar sesederhana apapun dianggap sangat berharga.

Harapan kami sebagai tim penyusun laporan ini tidak muluk. Jadikanlah laporan ini sebagai bahan obrolan santai sambil menyeruput kopi di pagi atau sore hari. Silakan terus dikembangkan sebagai dokumen hidup agar kerja-kerja kita tidak hanya berupa kenangan.

Salam hormat atas nama Tim Monitoring dan Evaluas