Merangkai Langkah Dalam Saujana Studi Tentang Kolaborasi Program GEF-SGP Indonesia Fase 6

Setelah Program GEF-SGP Fase 6 selesai, ada tuntutan untuk bisa membuat pengetahuan dan pengalaman selama melakukan program bisa dijadikan pembelajaran praktis dan filosofis untuk pelaksanaan Fase berikutnya. Salah satu unsur terpenting dalam menjalankan program adalah membangun relasi dengan para pihak baik yang langsung bersentuhan maupun dengan yang tidak langsung bersentuhan. Identifikasi para pihak yang sudah dilakukan di awal program biasanya belum tentu menghasilkan kolaborasi yang diharapkan. Kadang malah pihak yang tidak diperhitungkan, merupakan kunci dari berhasilnya suatu program.

Oleh karena itu, pertimbangan dalam melibatkan pihak-pihak tertentu, harus memasukkan kriteria dalam rangka membuka jalan kita bersama mencapai apa yang dimimpikan bersama. Ibarat kalimat yang mengatakan: “1000 teman terlalu sedikit, seorang musuh terlalu banyak”. Program yang kita jalankan harus bisa bermanfaat untuk sebanyak-banyaknya orang, sehingga jalan kita menuju ‘Saujana’ yang kita dambakan tidak terasa sepi dan gersang.

Berjalan bersama-sama selalu lebih menyenangkan meskipun agak lebih lambat daripada berjalan sendiri. Kita dapat memastikan di ujung sana ada teman untuk berbagi rasa bahagia dan bangga.