UNDANGAN UNTUK MENGIRIM PROPOSAL di Tingkat Akar Rumput

Global Environment Facility Small Grants Programme (GEF SGP) Indonesia adalah program pendanaan lingkungan yang didukung oleh GEF yang dilaksanakan oleh UNDP mewakili lembaga-lembaga pelaksana GEF lainnya, misalnya Bank Dunia dan UNEP.

Sekretariat Koordinator Nasional GEF SGP Indonesia membuka undangan mengirimkan proposal pada pelaksanaan operasional GEF SGP Indonesia Phase 7 bagi Lembaga Non-Profit, Komunitas Masyarakat, atau Kelompok Usaha Bersama untuk mengirimkan proposal.

GEF SGP Indonesia Fase 7 memberikan prioritas daerah kerja di sekitar Daerah Aliran Sungai Bodri (DAS), Jawa Tengah, Daerah Aliran Sungai (DAS) Balangtieng, Sulawesi Selatan, Suaka Margasatwa (SM) Nantu dan wilayah Taman Hutan Raya (TAHURA) Gorontalo, dan Pulau Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas pendanaan kepada kelompok masyarakat dan lembaga swadaya yang sedang menghadapi tantangan ekologis dengan cara-cara dan teknologi yang inovatif, mandiri dan terjangkau melalaui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan. Fokus bidang kerja yang didukung adalah konservasi keanekaragaman hayati berbasis masyarakat, mitigasi perubahan iklim, penggunaan energi ramah lingkungan, dan rehabilitasi lahan kritis pada ekosistem-ekosistem yang memiliki manfaat lingkungan global. Dana hibah yang diberikan maksimal USD25.000 untuk masa pelaksanaan maksimal 2 tahun.

Program GEF SGP Indonesia, adalah sebuah program dana hibah kecil untuk membantu kelompok masyarakat yang rentan terhadap perubahan lingkungan, diimplementasikan oleh UNDP, dan dilaksanakan oleh Yayasan Bina Usaha Lingkungan. Oleh karena itu, maka saat ini sekretariat SGP-7 Indonesia membuka kesempatan kepada lembaga-lembaga di tiga wilayah bentang alam tersebut (Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sabu Raijua NTT) untuk mengirimkan proposal pelaksanaan kegiatan sebagai Lembaga Payung (Organisasi Payung) di wilayah kerja tersebut. Lembaga yang diharapkan untuk mengirimkan proposal adalah organisasi kampung, kelompok masyarakat adat, kelompok usaha bersama, dan LSM untuk mengirimkan proposal untuk alokasi dana hibah kecil tahun 2023. Mohon melihat format atau ketentuan proposal dengan baik, untuk melihat fokus area, kriteria, budget dan detail lainnya ke www.sgp-indonesia.org dan atau terlampir di link berikut https://bit.ly/3O4m50e